Cari Blog Ini

Sabtu, 04 Mei 2013

Gagalnya Hak Paten iPad Mini


Apple baru-baru ini dikabarkan telah mengajukan paten atas produknya bernama iPad Mini. Pengajuan paten atas gadget berukuran 7.9 inci ke kantor paten United State Patent and Trademark Office (USPTO) tersebut ternyata ditolak oleh pihak USPTO sendiri. Ternyata bagi perusahaan sekelas Apple pun paten susah untuk didapatkan. Salah satu contohnya sebut saja pengajuan paten Apple untuk iPad Mini ini. iPad Mini mendapatkan penolakan pihak USPTO dikarenakan produk tersebut dinilai  hanya sekedar mendeskripsikan sebuah karakteristik fitur dari barang yang diajukan oleh Apple. Serta Apple dinilai kurang memberikan deskripsi secara informatif, Baik sebagai istilah individual atau gabungan - iPad mini - tidak menciptakan makna, unik, aneh, atau non-deskriptif dalam kaitannya dengan barang perangkat genggam kecil komputer tablet yang mampu memberikan akses internet, demikian isi keputusan tersebut.
Tetapi Apple masih memiliki waktu hingga Juli untuk mengajukan banding ke Kantor Hak Paten dengan mengajukan bukti bahwa tablet yang lebih kecil ini memiliki perbedaan yang signifikan dengan saudara besarnya. Produk tablet Apple saat ini masih populer di pasar dengan nilai penjualan pada kuartal lalu hingga Januari 2013 mencapai 22,9 juta iPad dan iPad mini.
Apple sendiri terlibat serangkaian perebutan hak paten dengan beberapa perusahaan pesaingnya. Mereka memenangkan sebuah kasus paten dengan pesaing utamanya dari Korea, Samsung, pada akhir tahun lalu tetapi di bulan Maret 2013 hakim pengadilan AS memerintahkan pemotongan keuntungan Apple sebesar 40% dari jumlah ganti rugi sebesar $1 miliar dan menyiapkan sidang baru untuk menilai kembali tingkat kerusakan yang ditimbulkan.





http://www.topulerkan.info/2013/04/apple-gagal-dapatkan-paten-ipad-mini.html#.UYWdwMrsvIU
http://news.detik.com/read/2013/04/01/093017/2207883/934/hak-paten-ipad-mini-ditolak?nd772204btr
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar