Cari Blog Ini

Senin, 26 November 2012

GENERASI DARI ANDROID



Generasi Android


 
Android merupakan sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis linux. Android dikembangkan bersama oleh:
  • Google
  • HTC
  • Intel
  • Motorola
  • Qualcomm
  • T-Mobile
  • NVIDIA
Beberapa perusahaan tersebut tergabung dalam OHA (Open Handset Alliance) dengan tujuan membuat sebuah standard terbuka untuk perangkat bergerak (mobile device). Features yang disediakan android sampai saat ini antara lain:
  • Framework yang mendukung penggantian komponen dan reuseable
  • Mesin Virtual Dalvik berjalan diatas Linux kernel dan dioptimalkan untuk mobile device
  • Integrated Browser berdasarkan open source engine webkit
  • Grafis yang dioptimalkan dan didukung oleh library grafis 2D dan 3D
  • SQLite untuk penyimpanan data
  • Media Support yang mendukung audio
  • video dan gambar
  • GSM telephone (tergantung hardware)
  • Bluetooth
  • EDGE
  • 3G
  • dan WiFi (tergantung hardware)


Dukungan perangkat tambahan seperti:
kamera touchscreen
GPS accelerometermagnetometerMultitouch dapat menggunakan dua jari atau lebih untukberinteraksidenganperangkat,LingkunganDevelopment Market 
Android saat ini sedang banyak digandrumi oleh semua orang baik di indonesia sendiri maupun di seluruh negara di dunia , kita lihat kembali perjalanan dan os android yang menjadikannya smartphone yang banyak diminati terutama di indonesia :
Perkembangan Android A-??? (^^)

1.1Android
Android dirilis pada tanggal 9 Maret 2009. Versi 1.1 ini dilengkapi dengan penambahan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search, pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.






1.5 Cupcake
Google kembali merilis versi 1.5 yang diberi nama Cupcake. Dalam versi Cupcake, ada beberapa pembaharuan dan penambahan fitur yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa secara langsung, Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang disesuaikan dengan sistem.


1.6Donut
Donut dirilis pada bulan September. Adapun penambahan dan pengembangan dari versi sebelumya ialah dapat menampilkan proses pencarian lebih baik dari sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Bukan itu saja, fitur lainnya ialah galeri yang memungkinkan penggunanya dapat memilih foto yang akan dihapus, kamera camcorder dan galeri yang diintegrasikan, CDMA/EVDO, 802.1x, VPN, Gestures dan Text-to-speech Engine, kemampuan dial kontak, dan teknologi text to change speech.

2.0/2.1 Eclair


 Versi ini dirilis pada 3 Desember 2009. Adapun perubahan dan pengembangannya ialah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak baru, penambahan flash pada kamera 3.2MP, digital zoom dan Bluetooth 2.1.



2.2 Froyo(FrozenYoghurt)
Pada 20 Mei 2010, Google meluncurkan Android Versi 2.2 (Froyo). Dalam versi ini terdapat penambahan dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan dan kinerja 2-5 kali lebih cepat, integrasi V8 Javascript engine yang dipakai Google Chrome, pemasangan aplikasi pada SD Card, kemampuan Wi-Fi Hotspot Portable, dan kemampuan audio update dalam Android Market.

 2.3 Gingerbread
Versi 2.3 Gingerbread ini diluncurkan pada tanggal 6 Desember 2010. Perubahan-perubahan yang ada pada versi ini antara lain ialah peningkatan kemampuan permainan (Gaming), peningkatan fungsi copy paste, user interface didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru, dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.


3.3Honey Comb
Khusus versi Honey Comb ini adalah android yang dirancang khusus buat tablet karena mendukung layar dengan ukuran yang lebih besar. Versi ini juga mendukung multi processor dan akselarasi perangkat keras untuk grafis.







4.0 Ice Cream Sandwich (ICS)
Versi ini pertama kali diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, memiliki fitur yang sama dengan honeycomb tapi membawanya untuk smartphone dan terdapat penambahan fitur baru seperti membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, kontak jaringan sosial terpadu, perangkat fotografi tambahan, dapat mencari email secara offline, dan mampu berbagi informasi dengan menggunakan NFC.


4.1 (Jelly Bean)

Android Jelly Bean yang diluncurkan pada acara Google I/O lalu membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. Penambahan baru diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat.
Tak ketinggalan Google Now juga menjadi bagian yang diperbarui. Google Now memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. Sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 muncul pertama kali dalam produk tablet Asus, yakni Google Nexus 7.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar