Cari Blog Ini

Selasa, 20 November 2012

Perkembangan versi iOS

iOS adalah operating system mobile yang di-release oleh Apple yang pada awalnya hanya dikembangkan untuk iPhone. Sebelum bulan Juni 2010, iOS dikenal sebagai OS iPhone. Dan sejak itulah, iOS diperluas untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPod Touch, iPad dan Apple TV.
Supaya lebih mengenal tentang Operating System besutan perusahaan Apple tersebut, berikut sekilas perjalanan sejarah perkembangan iOS atau biasa disebut dengan iOS History:


Versi 1

iOS History dimulai ketika Steve Jobs meluncurkan iPhone di tahun 2007, ia mengklaim bahwa perangkatnya menggunakan versi dari OS X. Pada awalnya ponsel tidak terbuka untuk pengembang pihak ketiga (3rd party developer) sampai sembilan bulan setelah peluncuran, ketika Apple merilis iPhone SDK.
iPhone 2G menjalankan apa yang sekarang dikenal sebagai iOS versi 1.0, dengan pra-instal aplikasi (aplikasi bawaan/standar) dari Apple serta iTunes versi 1.1
Versi 2
Pada versi ini terjadi perubahan besar di iOS history yang diperkenalkan pada iOS 2.0, yaitu dukungan untuk aplikasi pihak ketiga, yang juga menandai titik balik untuk iPhone sebagai perangkat pasar massal. Meskipun SDK diumumkan pada bulan September tahun 2007, dan dirilis ke developer pada Maret 2008, namun orang-orang benar-benar dapat merasakan kenikmatan App Store ketika iPhone 3G diluncurkan pada Juli 2008.
App Store adalah penambahan terbesar pada saat itu.
Versi 3
Bersamaan dengan peluncuran iPhone 3GS, iOS 3.0 membawa beberapa fitur yang sangat dibutuhkan, seperti dukungan MMS, kemampuan untuk network tethering, kemampuan copy dan paste, kemampuan untuk menggunakan keyboard dalam modus landscape, IMAP, Memo Suara, aplikasi kompas, shake to shuffle, dan push notification.
Versi 4
Tahun 2010, iOS update tidak hanya memperkenalkan istilah iOS, tapi juga mengatasi kurangnya dukungan multitasking. iOS4 mendukung multitasking terbatas, menangguhkan tindakan yang tidak perlu di background untuk menghemat baterai, tetapi memungkinkan pengguna untuk melakukan hal lainnya.
Peningkatan besar pada iOS 4 adalah kemampuan untuk beralih data selular on dan off, jumlah karakter untuk pesan SMS dan pencarian SMS, penambahan dukungan zoom saat mengambil foto, HDR foto, kemampuan untuk melakukan syncronize, face and place dari iPhoto, mengubah ukuran foto ketika mengirim, berkreasi dengan playlist sementara di jalankan, dan dukungan untuk passcode, semua membuat perbaikan besar operating system pada versi sebelumnya.
Versi 5
iOS versi terbaru ini memiliki iMessage dan fitur baru untuk kamera dalam IOS 5, yaitu selain ada tombol hardware untuk mengambil foto pada iPhone, iPad, atau iPod Touch, dapat juga menggunakan tombol ‘up’ volume untuk mengambil foto (termasuk menggunakan tombol volume pada handsfree). Terdapat pula sistem notifikasi baru, pesan baru, atau pemberitahuan lain, muncul di bagian atas layar device Anda.
 Versi 6
Merupakan versi terbaru iOS yang dibuat oleh apple , iOS6 hadir seiring dengan direleasenya iPhone 5, banyak fitur baru yang hadir namun tak sedikit fitur lama yang selalu ada dalam setiap iOS sebelumnya kini dihilangkan, dan tentu saja ini sangat mengecewakan, apalagi bagi Anda yang sering menggunakan iPhone atau iPad sebagai alat navigasi ataupun hiburan menonton video online via Youtube.
Kelebihan iOS6 yang sangat menonjol adalah Facebook Integration, itu artinya di iOS6 Facebook sudah terintegrasi dengan baik, alhasil nantinya kita bisa langsung upload foto ke Facebook langsung dari camera saat kita mengambil foto, share lokasi kita berada ke FB saat kita menggunakan Apple Maps, sampai tampilan Contact pun akan lebih lengkap karena profile teman kita di FB akan juga terintegrasi dengan contact dan yang lebih enak lagi, kita tidak bakal lupa hari ulang teman Facebook kita, karena semua hari ulang tahun teman-teman FB akan ada di Calender iPhone atau iPad kita.
Keunggulan iOS6 lainnya adalah VIP Mail, fitur Siri yang lebih baik dibandingkan Siri di iOS5, fungsi do not disturb yang sangat berguna saat Anda sedang menghadiri rapat, dan tidak ingin terganggu dengan suara sms atau telepon, fitur FaceTime yang kini bisa dilakukan lewat koneksi 3G, tidak melulu harus lewat Wifi, sampai fitur Panorama saat kita mengambil foto dengan iPhone atau iPad.
Tapi, sayangnya di iOS6 juga ada kekurangan yang sangat besar dan tentu saja begitu mengecewakan, diantaranya adalah di iOS6 tidak ada lagi aplikasi Youtube secara default. Itu artinya saat kita ingin menonton Video Youtube, maka kita harus menginstall dulu aplikasi youtube dari App Store. Berbeda dengan iOS5 atau iOS sebelumnya, dimana aplikasi Youtube sudah tersedia secara default.
Aplikasi lain yang hilang dari iOS6 adalah Google Maps, sebagai gantinya kini hadir Apple Maps. Bagi yang sudah terbiasa menggunakan Google Maps, akan sedikit kecewa, karena kini di iOS6 tidak ada Google Maps secara default.
Khusus bagi para Jailbreaker, proses Update ke iOS6 ini akan menghilangkan semua Jailbreak yang pernah dilakukan. So, sebaiknya bagi Anda yang hobi mengoprek iPhone atau iPad dan sering menginstall aplikasi via Cydia atau lewat Installous, sebaiknya hindari dulu update ke iOS6 sebelum Jailbreak iOS6 di release.

Informasi lebih lengkap tentang iOS dapat diakses di http://www.apple.com/iOS
http://www.putrifauziah.com/2012/09/kelebihan-dan-kekurangan-ios6-untuk.html
http://nusantara-widyandaru.com/2012/05/ios-history-sejarah-perkembangan-ios-operating-system-besutan-apple/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar