Cari Blog Ini

Sabtu, 01 Juni 2013

PERBUDAKAN BURUH





Belum lama ini kita mendengar tentang perbudakan buruh, di jaman seperti saat ini perbudakan masih saja terjadi. Tepatnya terjadi di Tanggerang banten CV Cahaya Logam, produsen aluminium balok dan panci, Jumat, 3 Mei 2013. Berada di Kampung Bayur Opak, Desa Lebak Wangi, Sepatan, pabrik ini milik Yuki Irawan. Di pabrik yang sudah operasi selama 1,5 tahun .

Terjadi penyekapan 25 buruh, mereka disekap berbulan-bulan tidak mendapatkan gaji. Barang-barang pribadi seperti dompet, hp disita pemilik pabrik. dan ada 4 buruh berusia dibawah 17 tahun. Pemilik pabrik home industri ini memperlakukan buruhnya sangat tidak manusiawi

Penyebab terjadinya perbudakan buruh ini karena pengusaha tidak mampu penuhi standart minimal hak-hak buruh seperti standar minimal upah, jam kerja buruh, asuransi dan jaminan sosial.

Sungguh memang tidak mempunyai hati nurani pemilik pabrik ini. Dan buruknya perlindungan terhadap buruh. Hukuman berat kepada pemilik pabrik harus dijatuhkan, aparat dan pemerintah harus tegas. Karena ini sudah melanggar HAM.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar