Cari Blog Ini

Selasa, 09 Oktober 2012

HUBUNGAN INTERAKSI MANUSIA DENGAN KOMPUTEER DAMAL FILM WALL-E






Dimasa era Globalisasi saat ini perkembangan teknologi semakin maju pesat , banyak sekali teknologi baru yang diciptakan . Salah satu teknologi yang terus berkembang ialah komputer dimana komputer yang dahulunya besar dan hanya sebagai alat hitung namun dengan perkembangan jaman sekarang komputer sudah sangat canggih dan bahkan kecil sehingga bisa dibawa kemana-mana contohnya netbook ataupun pc tablet. Peran komputer dalam kehidupan manusia sangat penting , karna saat ini komputer lah yang banyak membantu pekerjaan manusia sehingga pekerjaannya menjadi lebih cepat
Hubungan interaksi manusia dengan komputer ialah Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface). Interaksi bisa dikatakan dialog antara user dan komputer contoh : Command line Interface, Menu, danlainya .
Contoh lainya interaksi manusia dengan komputer bisa kita liat dalam film Wall-E sebuah film animasi yang dibuat oleh Disney Pixar  . Diceritakan dalam film ini sebuah robot yang bertugas membersihkan sampah-sampah yang ada dibumi yang bernama Wall-E, Wall-E satu-satunya robot yang masih tersisa  setelah 700 tahun ditinggalkan para manusia yang mengungsi kesebuah kapal yang bernama Axiom. Setiap hari Wall-E membersihkan sampah-sampah yang ada hingga membuat gedung-gedung dari tumpukan sampah .
Hingga suatu hari datanglah sebuah robot yang sangat modern yang bernama EVA , EVA ditugaskan untuk mencari bibit pohon yang masih tumbuh untuk mengembalikan Axiom kebumi . Saat EVA datang Wall-E jatuh cinta kepada EVA , lalu setelah Wall-E kenal dengan EVA ,Wall-E menunjukan bibit pohon tersebut EVA pun langsung mendeteksi keberadaanya dan langsung  terdiam , Wall-E pun panik dan setiap hari memandangi EVA karna terus terdiam , suatu ketika roket itu datang untuk menjemput EVA ,lalu Wall-E pun ikut menaiki roket tersebut karna tidak ingin kehilangan EVA, roket itu menuju Axiom dimana manusia dan robot-robot tinggal didalamnya selama 700 tahun .
Sesampainya di axiom Wall-E tidak ingin kehilangan EVA , hal yang mengagetkan disana manusia berubah derastis dari wajarnya tubuh manusia sampai semua manusia menjadi gemuk-gemuk , manusia hanya duduk saja semuanya dikerjakan oleh robot sehingga manusia disana tidak mengenal satu sama lain ,mengenal lingkungan sekitar dan manusia juga tidak dapat berdiri dan berjalan karna manusia menggunakan kursi yang dapat berjalan manusia juga hanya dengan  mengucapkan keinginannya semua robot-robotnya langsung datang
Dan akhirnya perjuangan Wall-E dan EVA untuk memulangkan Axiom ke bumi terwujud , mereka  kini kembali kebumi dan mulai membersihkan bumi dari sampah-sampah dan menanam pohon.
 
Kesimpulan dari film Wall-E
            Teknologi yang ada saat ini sangat membantu dalam kehidupan manusia , manusia sangat butuh bantuan teknologi baik teknologi komputer maupun robot . dengan komputer juga manusia bisa menciptakan banyak aplikasi dan yang lainya . banyak dampak positifnya namun banyak juga yang menyalah gunakan teknologi sehingga merugikan banyak orang , maka dari itu kita gunakan teknologi yang ada dengan sebaik-baiknya karna teknologi sangat bermanfaat bagi seluruh kehidupan manusia dimanapun dan ini juga anugrah dari Tuhan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar