Cari Blog Ini

Minggu, 28 Oktober 2012

Menganalisis Desain Grafis web Republika.co.id


Prinsip – prinsip Desain Grafis republika.co.id


1.    Metaphora
Adalah aplikasi dari nama atau deskripsi istilah objek lain yang tidak dapat diartikan secara harafiah. Menghubungkan presentasi dan elemen-elemen visual dengan item-item yang berkaitan.
Pada tampilan republika.co.id menyerupai tampilan pada republika, yaitu menampilkan per slide dan mengelempokkan jenis-jenis berita.

2.    Clarity (kejelasan)
Adalah alasan yang kuat / masuk akal digunakannya setiap  elemen yang berada dalam suatu interface yang dibuat. Penggunaan yang sedikit akan lebih baik. Tampilan pada republika.co.id menggunakan warna background putih. Background putih berperan untuk memberikan tampilan yang ringan pada mata dan juga terdapat gambar pada background sesuai dengan event/peringatan hari besar.

3.    Consistency (ketetapan)
Setiap bagian pada situs republika.co.id menggunakan background putih, ber forn 3 ukuran agar tidak begitu berbeda dan membuat tampilan  forn lebih sederhana untuk pengunjung situs. Website ini termasuk konsisten, terlihat dari segi pewarnaannya. Penggunaan warna latar belakang sama untuk setiap page, yaitu putih. Warna teks yang mendominasi pada setiap halaman, yaitu hitam dan biru.


4.    Alignment (perataan)
Tampilan pada home sangat mudah dimengerti karena memberikan judul pada setiap bagian-bagian berita, seperti sepakbola, otomotif dll.


5.    Proximity
Item-item yang berkaitan ditampilkan bersama. Karena jarak yang jauh mengimplikasikan bahwa tidak ada hubungan antar item-item tersebut.



Pada situs ini terdapat juga feedback yaitu terdapatnya kotak komentar yang bisa digunakkan pengunjung situs ini, untuk mengomentari berita yang telah dibacanya.
Di sini juga terdapat kolom searching untuk memudahkan pengunjung mencari berita-berita di hari sebelumnya, dan letak kolom  berada di sisi atas kanan.


6.    Contras (keserasian tampilan)
Membuat pengunjung tertarik serta membuat mata tetap sejuk saat melihat keseluruhan interface. Keuntungan dari keserasian adalah untuk memberikan fokus yang kuat pada suatu interface. Contrast dapat digunakan untuk membedakan aktifitas kendali dan juga dapat digunakan untuk menentukan item yang paling utama. Item yang paling utama deberi highlight.



Kesimpulan  :
Website republika.co.id memiliki tampilan home yang sangat sederhana sehingga sangat user friendly terhadap para pangunjung yang masih awam terhadap website tersebut, namun karena banyaknya iklan dan gambar sehingga menyebabkan loading pada website ini sedikit berat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar