Cari Blog Ini

Rabu, 10 Oktober 2012

PERSAINGAN IPHONE 5 DENGAN SAMSUNG GALAXY SIII


Persaingan antara smartphone makin panas yaitu antara 2 raksasa smartphone saat ini antara samsung dengan apple mereka terus bersaing menciptakan smartphone yang canggih . Kita tau Apple merupakan perusahaan raksasa  dari amerika, apple menciptakan smarphone canggih yaitu iphone,  iphone selain canggih iphone juga mewah sehingga banyak orang kalangan atas memilih smartphone ini sementara pesaingnya Samsung merupakan handphone buatan korea selatan yang mulai melejit ketika dia bekerja sama dengan google yang menciptakan suatu os yang opensouce dan samsung mulai menjadi ancaman bagi para pesaingnya karena selain murah dari para pesaingnya samsung memiliki spek yang bagus disetiap kisaran harganya, ini membuat para konsumen banyak memilih samsung sehingga menjadi ancaman serius contoh  apple menggugat samsung karena menurut apple samsung meniru desain dari iphone yaitu samsung galaxy  s. Adapun contoh smartphone samsung yaitu generasi terbarunya samsung galaxy SIII yang terlebih dahulu diperkenalkan publik dan belum lama apple juga mengeluarkan smarphone teranyarnya yaitu iphone 5 . begitu sengitnya persaingan antara kedua raksas smartphone ini , baik coba kita liat desain dan spesifikasi dari kedua smartphone ini :


Seperti yang saya bilang tadi iphone5 mewah terbukti kita bandingkan harga dari kedua ponsel ini , lumayan jauh harganya . Selain dari segi harga kita liat layarnya iphone lebih diunggulkan , saya mendapatkan refrensi kalau layar iphone 5 lebih diunggulkan . “Perusahaan penganalisa display populer DisplayMate telah melakukan tes untuk membandingkan layar iPhone 5 dengan Galaxy S III melalui berbagai tes yang sangat ilmiah. Layar dengan diamater 4,8 inci Super AMOLED display HD dari Samsung Galaxy S III menghadapi latar 4 inci IPS LCD milik iPhone serta layar 3,5 inci dari iPhone 4, demikian dilaporkan laman GSMarena, Rabu (26/9/12).
DisplayMate melakukan pengujian banyak display, seperti refleksi layar, kecerahan, kontras warna dan intensitas, sudut penglihatan, konsumsi daya dan umur baterai. Menurut pengukuran laboratorium DisplayMate, display iPhone 5 lebih akurat dan merupakan yang terbaik yang pernah mereka lihat. Dibandingkan dengan iPhone 4, layar IPS LCD dari iPhone memiliki refleksi layar yang jauh lebih rendah dan kontras gambar yang jauh lebih tinggi. Warna Gamut juga meningkat secara signifikan dan lebih akurat dari sebelumnya.
Lalu bagaimana dengan teknologi layar OLED yang ada di Galaxy S III? Teknologi OLED ternyata belum mampu menghasilkan akurasi yang sama dengan layar IPS LCD yang dimiliki oleh iPhone 5. Hal ini lebih disebabkan karena teknologi AMOLED yang relatif baru dan belum sehalus teknologi LCD. Namun, DisplayMate menjanjikan masa depan yang sangat cerah bagi teknologi AMOLED karena akan terus berkembang dan akan mengalami peningkatan kecepatan yang sangat pesat.
Kecerahan warna dari Galaxy S III sekitar separuh dari iPhone 5, disebabkan OLED memiliki efisiensi daya yang rendah yang mengakibatkan kendala listrik. Kontras gambar dan kemudahan pembacaan di layar Galaxy S III di pencahayaan ambient tinggi juga lebih buruk jika dibandingkan dengan iPhone 5.
Jika pengamatan kita difokuskan terhadap gamut warna, Apple telah melakukan upaya nyata dalam membuat warna seakurat mungkin. Sementara Samsung belum benar-benar melakukan hal tersebut di display OLED mereka. Akibatnya display AMOLED merepresentasikan ketidakakuratan warna dan kelebihan saturasi warna.(Ton/A-147)*** ” kita liat artikel diatas , untuk  layar iphone5 lebih diunggulkan . Selanjutnya dari segi ukuran samsung galaxy s3 lebih lebar dan panjang dengan ukuran 4.8 inch (760 x 1280 pixels) sementara iphone 5 4.0 inch (640 x  1136 pixels). Lalu dari selanjutnya os (sistem operasi) samsung galaxy s3 menggunakan os anyarnya yaitu ICS v4.0.3 namun S3 ini dapat di upgrade ke versi os baru android yaitu 4.1.0 jelly bean , sementara iphone 5 juga menggunakan os versi terbaru yang dikeluarkan apple yaitu ios 6.
Sementara untuk CPU galaxy S3 lebih diunggulkan karna menggunakan Quad-core semenatara iphone 5 masih Dual-core . Itulah persaingan yang terjadi di antara kedua perusahaan smartphone raksasa yang baru saja pengeluarkan ponsel terbarunya, Spesifikasi lainya kedua smartphone ini tidak jauh berbeda hampir sama. Ada kecanggihan lainya yang dimiliki iphone yaitu siri .
Siri :  Satu fitur  yang diperkenal di iPhone 4S adalah SIRI? Apakah sebenarnya Siri itu? Secara sederhana Siri adalah sebuah aplikasi terbaru di iPhone 4S yang berguna untuk mengontrol iPhone menggunakan perintah suara . dan sekarang iphone 5 juga menggunakanya , sementara dikubu pesaing yaitu samsung galaxy S3 tidak mau kalah mereka menciptakan pesaing siri yaitu S voice yang baru dibuat di galaxy S3 dan note II.
Selanjutnya saya mendengar bahwa ada uji coba yang terbilang ekstrim atara kedua ponsel anyar ini yaitu SquareTrade membandingkan kekuatan kedua smartphone ini melalui simulasi drop test atau tes jatuh untuk melihat seberapa kuat smartphone canggih ini untuk dibanting.
Tes jatuh yang dilakukan terdiri dari beberapa skenario ketinggian, termasuk tes jatuh dari ketinggian telinga manusai, jatuh dari atap sebuah mobil. Terdapat juga skenario dimana ketika smartphone tersebut dipegang dan dibuat mainan oleh anak kecil kemudian anak tersebut melemparkan smartphone tersebut, menarik bukan?
Tes jatuh pertama yaitu jatuh dari ketinggian telinga manusia, iPhone 4S mengalami sedikit lecet dan goresan di bagian pojok bodi ponsel tersebut sedangkan Galaxy S3 mengalami kerusakan berupa retakan besar pada layar kacanya.
Tes jatuh kedua adalah jatuh dari atap mobil. iPhone 4S mengalami lecet dibagian pojok bodi sedangkan Samsung Galaxy S3 mengalami nasib yang sama ketika tes pertama, layar kacanya hancur.
Sedangkan tes jatuh terakhir adalah ketika smartphone dilempar oleh seorang anak ke udara. Bagian belakang iPhone hancur namun bagian layar depan masih tetap utuh setelah melalui tes ini.
Sedangkan Samsung Galaxy S3 bagian belakang kuga mengalami kerusakan hingga baterainya terlihat, namun bagian layar Galaxy S3 dinyatakan baik-baik saja. Seperti yang dikutip dari VenturBeat, hasil tes fisik kali ini dimenangkan oleh iPhone 4S dengan kerusakan yang ditimbulkan lebih sedikit dari pada Samsung Galaxy S3. Tampaknya ukuran layar Galaxy S3 yang lebih besar membuatnya jauh lebih beresiko rusak ketika jatuh. Sebaiknya Anda tidak mencoba tes seperti ini jika Anda memiliki salah satu dari dua smartphone canggih ini.
Itulah test yang dicoba iphone 5 lebih unggul dibanding galaxy S3 yang lebih rentan kerusakan jika terjatuh . Inilah yang dapat saya ceritakan selanjutnya ya semua dikembali ke konsumen  itu  sendiri lebih memilih yang mana ? jika ingin smartphone yang canggih, performa yang kencang dengan harga yang terjangkau kita lebih baik pilih samsung galaxy S3 , namun jika kita ingin suka dengan produk2 apple dan agak lebih mahal ya kita pilih iphone 5 . Persaingan yang begitu ketat di dunia gadget .memang sulit untuk memilih diantar keduanya yang sama sama bagus .
          

2 komentar:

  1. Informasi yang sangat berguna sekali semoga dijadikan sebuah referensi yang baik Aisha News
    Aisha Populer News dan tentunya untuk kalangan pembaca umumnya.

    BalasHapus